Ungkap Kodam XVI Pattimura Dapat Untung, Moeldoko Dukung Revitalisasi Benteng Victoria

Ungkap Kodam XVI Pattimura Dapat Untung, Moeldoko Dukung Revitalisasi Benteng Victoria


Ungkap Kodam XVI Pattimura Dapat Untung, Moeldoko Dukung Revitalisasi Benteng Victoria

Posted: 18 Sep 2020 01:53 AM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM – Kepala Staff Kepresidenan RI, Moeldoko, mendukung revitalisasi Benteng Victoria di Ambon. Hal ini diungkapkannya, saat menerima Walikota Ambon dan rombongan saat pertemuan di ruang rapat Kantor Staff Presiden, Bina Graha Jakarta, pada Kamis (17/09/2020).

Menurut Moeldoko, dirinya sudah mendengar dan mengikuti perkembangan revitalisasi Benteng Victoria ini, termasuk semua upaya yang dilakukan pemerintah Kota Ambon yang telah melakukan pertemuan ."Hal ini tidak terlalu sulit karena baik pemerintah daerah maupun TNI dalam hal ini Kodam XVI Pattimura, sama-sama membutuhkan dan sama-sama untung. Apalagi KASAD sudah menyetujui,"tandasnya.

Moeldoko hanya mengingatkan yang harus disiapkan adalah lahan dan anggaran pembangunan. Untuk itu dirinya mengatakan akan mendorong anggaran revitalisasi ini ke Bappenas, agar bisa dimasukkan dalam dalam rencana strategis. "Yang perlu disiapkan adalah lahan dan anggaran yang dimasukkan dalam APBN. Oleh karena itu, kita akan bantu dorong ke Bappenas, agar anggaran revitalisasi Benteng Victoria ini bisa masuk dalam rencana strategis Bappenas dan bisa dimasukkan di tahun anggaran 2021," ujarnya

Bahkan Moeldoko menegaskan, revitalisasi tidak boleh dipersulit, karena ini bukan untuk kepentingan komersial, tetapi untuk kepentingan pendidikan, bela negara, pariwisata dan ekonomi.

"Kita akan mengundang Bappenas, Kementerian Keuangan, PUPR, Kemenhan, untuk membicarakan realisasi revitalisasi ini. Karena ini hanya pindah bukukan, tidak perlu ada hitung-hitungan ganti rugi. Oleh karena itu kita akan kerja keras supaya bisa di realisasikan," ungkap mantan Panglima TNI ini.

Sebelumnya, Walikota Ambon telah menjelaskan saat Kodam XVI Pattimura dipimpin oleh Doni Moenardo, beliau menginisiasi pertemuan dengan Pemkot Ambon untuk membicarakan revitalisasi ini. Setelah itu, Pemkot Ambon mengambil langkah selanjutnya dengan mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Maluku, DPRD Kota Ambon dan DPRD Maluku. Bahkan Pemkot Ambon juga telah melakukan pertemuan dengan Kepala Staff Angkaran Darat (KASAD), yang juga mendukung revitalisasi tersebut.

"KASAD bahkan minta agar revitalisasi dipercepat. Pemkot Ambon bahkan juga telah menemui DPR RI. Selanjutnya kami hari ini juga kami akan bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kami juga merencanakan untuk nantinya bertemu Menteri pertahanan,"jelas Walikota.

Walikota menyadari, revitalisasi ini tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat, tetapi upaya agar bisa diproses untuk dianggarkan ditahun depan, sudah dilakukan dengan intens.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisutta, menyatakan dukungan kepada pemerintah Kota Ambon terkait rencana revitalisasi tersebut. "Sebagai representasi masyarakat Kota Ambon, kami mendukung sepenuhnya rencana ini, sekaligus sebagai bukti bahwa masyarakat Maluku, khususnya Kota Ambon sangat menghargai situs sejarah," terang Toisutta.

Diakhir pertemuan, Deputi I KSP, Febry Calvin Tetelepta, yang mendampingi Moeldoko mengatakan, akan segera menjadwalkan pertemuan untuk mengundang Bappenas, Kementerian Keuangan, Kemenhan, Kementerian PUPR, untuk membicarakan revitalisasi Benteng Victoria.

Usai pertemuan, kepada wartawan Walikota mengucapkan terima kasih kepada Moeldoko dan Deputi I KSP, Febry Calvin Tetelepta, yang telah memberikan dukungan yang luar biasa dengan segera merencanakan pertemuan dengan pihak-pihak terkait. "Sebagai anak Maluku, Pak Febry sangat mendukung dan mendorong agar revitalisasi ini segera dituntaskan,"ungkapnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta, Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Zeth Pormes, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Rico Hayat, Sekretaris Bappeda Litbang Kota Ambon, Feberien Maail, Asrendam XVI/ Pattimura, Kol. Inf Kurniawan, Aslog Kasdam XVI/Pattimura, Kol. Kav. Sugeng Waskito Aji, Kazidam XVI/Pattimura, Letkol Czi. Ubaidillah dan Deputi I KSP, Febry Calvin Tetelepta, yang mendampingi Moeldoko (DiskominfoAmbon)

Syarif Hadler Ungkap Mural Jadi Saran Sampaikan Pesan Hidup Sehat ke Warga Ambon

Posted: 18 Sep 2020 01:14 AM PDT


Syarif Hadler Ungkap Mural Jadi Saran Sampaikan Pesan Hidup Sehat ke Warga Ambon

 AMBON, LELEMUKU.COM – Melukis atau menggambar diatas media dinding atau permukaan luas atau yang lebih dikenal dengan Mural merupakan salah bentuk karya seni yang dituangkan para seniman untuk menyampaikan suatu pesan atau ajakan positif kepada masyarakat luas.

Dimasa Pandemi COVID-19, banyak pesan dan atau ajakan positif yang tak henti-hentinya disampaikan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon kepada masyarakat. Salah satunya dengan mengadakan Lomba Mural dengan tema Ambon Sehat yang diselenggarakan, Kamis (17/9/2020) di Area Museum Siwalima,Ambon.

"Tema Lomba Mural disaat ini, diambil dari tema perayaan HUT ke-445 Kota Ambon, karena Lomba Mural yang diselenggarakan dihari ini merupakan kegiatan terakhir dalam rangka memperingati HUT Kota Ambon yang jatuh pada tanggal 7 September yang lalu," kata Wakil Walikota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler saat membuka lomba tersebut.

Dalam sambutannya, Wawali berharap para peserta dapat menuangkan ide dan gagasan yang dimiliki dalam bentuk gambar yang nantinya dapat mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan ditengah masa pandemi COVID-19.

"Sesuai dengan tujuan dari Mural sendiri, yakni sebagai media untuk menyampaikan pesan dan ajakan, saya berharap para peserta dapat memberikan ide dan gagasan terbaiknya yang dituangkan dalam bentuk gambar untuk memberikan pesan dan ajakan kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan serta kebersihan lingkungan," harap Wawali.

Wawali juga mengingatkan para peserta, bahwa kemenangan atau menjadi juara bukanlah target utama, tetapi bagaimana lewat gambar yang dikanvaskan didinding, pesan dan ajakan positif tersebut dapat diterima masyarakat. "Juara adalah bonus dari ide dan gagasan terbaik yang dimiliki saudara-saudara peserta, intinya bagaimana pesan yang ingin disampaikan Pemerintah kepada masyarakat dapat tersalurkan lewat gambar-gambar dari ide-ide cemerlang yang dihasilkan para pahlawan kesehatan dan pahlawan lingkungan disaat ini," imbuhnya.

Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon, Lucia Izaac mengatakan, Lomba Mural dalam rangka memperingati HUT ke-445 Kota Ambon diikuti oleh 53 Peserta."Lomba Mural kali ini diikuti oleh 53 peserta yang terbagi dalam tiga kategori. kategori tingkat SMP yang diikuti oleh 10 peserta, tingkat SMU yang diikuti oleh 6 peserta dan tingkat umum yang diikuti oleh 37 peserta," jelas Kadis. (DiskominfoAmbon)

Terima Richard Louhenapessy, Wishnutama Kusubandio Dukung Revitalisasi Benteng Victoria

Posted: 18 Sep 2020 01:10 AM PDT

Terima Richard Louhenapessy, Wishnutama Kusubandio Dukung Revitalisasi Benteng Victoria.lelemuku.com.jpg

 JAKARTA, LELEMUKU.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, Wishnutama Kusubandio, memberikan apresiasi yang tinggi, saat menerima Walikota Ambon, Richard Louhenapessy beserta rombongan untuk membicarakan revitalisasi Benteng Victoria, pada Kamis (17/09/2020).

Bahkan dengan antusias setelah mendengar paparan dari Walikota Ambon dan Asisten Perencanaan Kodam XVI Pattimura, Menteri Pariwisata mengatakan, jika dia tidak mendukung revitalisasi Benteng Victoria, kebangetan. "Kalau saya tidak dukung ini, kebangetan. Apalagi ini bisa jadi destinasi pariwisata. Apalagi kalau kita membuat dia seperti semula, menjadi Benteng Victoria awalnya, dengan membenahi bangunan sekitarnya. Kita sangat mendukung hal ini," tandasnya.

Menteri bahkan telah meminta deputinya untuk menganggarkan untuk membuat ruang untuk festival musik yang bisa juga dipakai untuk coaching clinic atau tempat kreatif lainnya. Hal ini dikarenakan, dirinya ingin agar Ambon sebagai kota musik dunia oleh UNESCO, memiliki identitas musik yang lebih kuat lagi.

Dirinya yakin ketika nantinya Benteng Victoria kembali menjadi cagar budaya yang terbuka untuk umum, maka bisa menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. "Ini kan peninggalan Eropa dan abad 15, artinya cuku tua. Ini sangat menarik,"ungkapnya

Pernyataan Menparekraf ini disampaikan usai dirinya mendengar penjelasan Walikota Ambon, tentang Benteng Victoria yang merupakan salah satu cagar budaya peninggalan dari Belanda. Bahkan ditahun 2015 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Benteng Victoria ditetapkan sebagai cagar budaya nasional.

"Perencanaannya revitalisasi sudah disiapkan. Kita rencana disitu nantinya juga ada museum musik dan bisa ada platform musik,"ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Perencanaan Kodam XVI Pattimura, Kolonel INF Kurniawan, dalam paparannya mengatakan, Kodam merasa kawasan ini sudah tidak tepat untuk menjadi kawasan militer dan akan sangat berguna untuk kepentingan masyarakat, dalam rangka mendukung pelestarian budaya di Ambon maupun Maluku. (DiskominfoAmbon)

Prabowo Setiaji Pimpin Tradisi Satuan Penerimaan dan Pelepasan Perwira Korem Binaiya

Posted: 17 Sep 2020 10:04 PM PDT

Prabowo Setiaji Pimpin  Tradisi Satuan Penerimaan dan Pelepasan Perwira Korem Binaiya.lelemuku.com.jpg


 AMBON, LELEMUKU.COM - Kepala Staf Korem 151/Binaiya (Kasrem) 151/Binaiya, Kolonel Inf Prabowo Setiaji memimpin acara tradisi satuan penerimaan dan pelepasan Perwira jajaran Korem 151/Binaiya, bertempat di Baileo Slamet Riyadi, Makorem 151/Binaiya, Rabu (16/9/2020).


Acara tradisi satuan penerimaan dan pelepasan Perwira baru di lingkungan Korem 151/Binaiya merupakan suatu bentuk penghargaan dan penghormatan kepada Perwira yang telah selesai masa jabatannya maupun kepada Perwira yang baru menjadi warga Korem 151/Bny. Selain itu, acara tradisi juga bertujuan untuk mempererat ikatan tali silaturahmi dalam membangun kebersamaan, kekompakan, senasib sepenanggungan dan saling menghormati.


Acara tradisi penerimaan dan pelepasan Perwira Korem 151/Bny diantaranya perwira yang diterima yaitu Mayor Inf La Ala Buton Sebagai Kepala Staf Kodim 1506/Namlea, Mayor Cba Zainudin Bahta Sebagai Perwira Seksi Penghubung Buru Selatan Kodim 1506/Namlea, Kapten Inf Abdurrahman Usemahu Sebagai Perwira Seksi Personil Kodim 1502/Masohi, Lettu Inf Hairil Wahid Sebagai Kepala Pembinaan Mental Korem 151/Binaiya, Kapten Inf Abdul Wahab Tubaka sebagai Danramil 1504-07/Haruku Kodim 1504/Ambon, Kapten Inf Safar Latuamury sebagai Danramil 1502-05/Wahai Kodim 1502/Masohi dan Kapten Cpl Wesley Rikumahu Sebagai Kasetum Korem 151/Binaiya.


Dalam Amanat Danrem 151/Binaiya, yang di bacakan oleh Kolonel Inf Prabowo Setiaji mengucapkan selamat datang kepada perwira baru dan menyampaikan agar para perwira yang baru ini segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjanya. Selanjutnya, kepada Mayor Inf La Muhammad saya selaku Danrem mengucapkan terima kasih dan selamat atas jabatan yang baru sebagai Kakanminvetcad XVI-03/Masohi.


Setelah acara tradisi selesai Kasrem 151/Binaiya memberikan ucapan selamat kepada perwira yang melaksanakan acara tradisi dan dilanjutkan pemberian piagam penghargaan kepada Mayor Inf La Muhammad, sebagai bentuk penghargaan atas pengabdiannya selama menjabat sebagai Pasi Bhakti TNI Siter Korem 151/Binaiya. (Penrem151)

Bagi ke WA Bagi ke G+