Pemkot Ambon Gelar Sosialisasi e-Katalog Bagi UMKM

Pemkot Ambon Gelar Sosialisasi e-Katalog Bagi UMKM


Pemkot Ambon Gelar Sosialisasi e-Katalog Bagi UMKM

Posted: 28 Jun 2022 07:05 PM PDT


AMBON, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Bagian Pengadaan Barang Dan Jasa Sekretariat Kota Ambon menggelar sosialisasi peggunaan e – Katalog lokal pemerintah.

Kegiatan yang berlangsung Selasa (28/6/2022) di Gedung PKK Provinsi Maluku, Jalan Tulukabessy dimaksudkan sebagai tindak lanjut Inpres Tomor 2 Tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk lokal UMKM dan koperasi pada pengadaan barang/jasa pemerintah.

"Kondisi eksisting saat ini adalah masih minimnya keterlibatan pelaku usaha dan UMKM lokal dalam pengadaan barang/jasa pemerintah. Hal ini tergambar pada pemanfaatan sistem e- Katalog yang masih kurang, karena masih terbatasnya informasi terkait penggunaan sistem e-Katalog," kata Sekretaris Kota (Sekkot) Agus Ririmasse dalam sambutan.

Dijelaskan, mengtasi persoalan dimaksud, Pemkot bekerjasama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang  dan Jasa Pemerintah (LKPP) RI telah menyediakan 10 etalase pada e-Katalog lokal milik pemerintah yang nantinya akan digunakan oleh pelaku usaha dan UMKM dalam wilayah Kota Ambon untuk memasarkan produk-produknya.

Kesepuluh produk yang telah tersedia dalam etalase tersebut antara lain, Alat Tulis Kantor, Aspal, Bahan Materal, Bahan Bahan Pokok, Beton Ready Mic, Jasa Keamanan, Jasa Kebersihan, Bahan Makanan dan Minuman, Pakaian Dinas dan Kain Tradisional serta Servis Kendaraan Bermotor.

"Kehadiran e-katalog mikik pemerintah ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam mendorong umkm agar lebih dikenal, berdaya saing, dan bisa semakin berkembang dalam meningkatkan perekonomian daerah," terang Sekkot.

Diharapkan dengan kegiatan sosialisasi ini, para pelaku usaha yakni UMKM, pengguna anggaran PA/KPA maupun para PPK dan peserta lainnya sebagai pelaku belanja APBN maupun APBD dapat mengetahui apa untung rugi dan pentingnya penggunaan produk dalam negeri serta penggunaan e-katalog lokal dalam setiap transaksi barang/jasa pemerintah.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Kota Ambon, Charly Tomasoa, menjelaskan untuk mempermudah proses pengadaan barang/jasa maka pemerintah melalui LKPP telah menyiapkan sistem e-Katalog.

Sistem e-katalog, lanjutnya, hadir untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peran usaha kecil, mempermudah transaksi jual beli antara pelaku usaha sebagai penyedia jasa, dan pemerintah daerah sebagai pengguna jasa, serta mengeliminir berbagai potensi pelanggaran hukum.

"Namun pada kenytaannya pelaku industri kecil belum sepenuhnya memahami e-katalog hal ini menyebabkan tersingkirnya industri kecil dalam pengadaan barang/jasa pemerintah," jelas Kabag.

Ditandaskan, dalam sosialisasi ini, narasumber dari LKPP Pusat, Ari Sulindra, akan memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi UMKM tentang manfaat penggunaan e-katalog lokal sekaligus mendorong penggunaan produk dalam negeri. (DiskominfoAmbon)

 

Bank Moderen Ekspress Launcing ATM untuk Tingkatkan Pelayanan Bagi Nasabah

Posted: 27 Jun 2022 01:55 AM PDT


AMBON, LELEMUKU.COM - Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Modern Ekspress, Senin (27/6/2022) melaunching layanan ATM untuk meningkatkan layanan perbankan bagi nasabahnya.

Acara launching ATM tersebut dilaksanakan Senin (27/6/2022) di Kantor Pusat BPR Modern Ekspress Ambon, Jalan Diponegoro Kecamatan Sirimau.

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena dalam sambutan pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas launching ATM Bank Modern Ekspress demi peningkatan kualitas layanan.

"Selaku penjabat Wali Kota Ambon, saya telah menetapkan 11 kebijakan prioritas yang dilakukan selama memimpin kota ini. Salah satunya yaitu peningkatan kualitas pelayanan publik, dan ini yang sekarang dilakukan oleh BPR Modern Express melalui lauching ATM," kata Penjabat.

Diungkapkan, sebagai bank yang sudah 33 tahun berdiri di kota Ambon, dan merambah di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Maluku. BPR Modern Express terlah memberikan kontribusi dan kerjasama dengan Pemkot melalui penyaluran fasilitas kredit, CSR, maupun partisipasi lainnya dalam membangun dan menggerakan roda perekonomian kota.

"Oleh sebab itu, Pemkot sangat mendukung pengembangan usaha, dan membuka pintu selebar – lebarnya bagi dunia perbankan, dan menjadi mitra terbaik demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena disadari bahwa pembangunan dan pengembangan kota ini, tidak terletak di pundak pemerintah semata, namun ada peran serta swasta di dalamnya," tandas Wattimena.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) BPR Modern Ekspress, Jantje Saya, mengungkapkan rasa syukur karena BPR Modern Ekspress dapat menghadirkan layanan ATM untuk melengkapi dan memudahkan pelayanan perbankan bagi 49.810 nasabahnya.

"Kami punya pengalaman sebelum era teknologi, sebagai bank dengan pelayanan yang tercepat, oleh sebab itu dengan adanya ATM kami akan menyesuaikan dan beradaptasi sehingga pelayanan akan lebih baik dan cepat," ujarnya.

Ditandaskan sejak berdiri pada tahun 1988, BPR Modern Ekpsress kini telah memiliki 10 Kantor Cabang dan 10 Kantor Kas di seluruh Kabupaten/Kota di Maluku.

"Tidak hanya itu, BPR Modern Ekspress juga telah masuk ke wilayah-wilayah terisolir dimana masyarakat belum tersentuh oleh layanan bank, ini merupakan kebanggan kami dalam melayani masyarakat," katanya.

Ditandaskan Dirut, sebagai mitra PT. Taspen, maka dengan adanya layanan ATM, BPR Modern Ekspress juga akan turut meningkatkan pelayanan pembayaran pensiun bagi 5060 pensiunan.

Acara Launching ATM BPR Modern Ekspress, turut dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Kepala OJK Provinsi Maluku, Founder dan Komisaris Utama PT. Modern Multi Artha, Branch Manager PT Taspen (persero) Ambon dan Area Head Bank Mandiri Maluku. (DiskominfoAmbon)
Bagi ke WA Bagi ke G+