Kasrul Selang Pimpin Rakor Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku

Kasrul Selang Pimpin Rakor Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku


Kasrul Selang Pimpin Rakor Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku

Posted: 21 May 2020 02:17 AM PDT

Kasrul Selang Pimpin Rakor Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 MalukuAMBON, LELEMUKU.COM - Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wilayah Provinsi Maluku menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait dengan sosialisasi pelaksanaan Sholat idul Fitri 1441 Hijriah, bertempat di Baileo Slamet Riyadi, Makorem 151/Binaiya, Rabu (20/05/2020).

Kasrul Selang selaku Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Provinsi Maluku dalam kesempatan itu mengatakan, sampai hari ini pasien yang sudah terkonfirmasi di Provinsi Maluku sebanyak 124 orang dan rumah sakit yang ada di Ambon kapasitasnya sangat terbatas sehingga kita memakai Diklat yang sudah disiapkan apalagi ada beberapa tim medis dan perawat yang ikut terkonfirmasi.

"Sekarang ini kondisi sudah sangat memprihatinkan dan peningkatan sangat signifikan hanya dalam waktu satu Minggu penyebarannya sudah ada pada tingkat masyarakat yang tidak melakukan perjalanan keluar daerah, sehingga kami berinisiatif melakukan rapid tes massal dan hari ini ada inisiatif Kodam untuk melakukan rapid tes di Makorem 151/Binaya", kata Kasrul.

"Himbauan kami untuk mencegah virus ini maka dianjurkan untuk menghindari interaksi dengan orang lain, tidak melakukan kegiatan yang dihadiri oleh orang dalam jumlah banyak, harus menjaga jarak, rajin mencuci tangan dan wajib memakai masker, jika tidak ada keperluan yang penting, tetaplah didalam rumah", himbau Kasrul.

"Karena sampai saat ini virus Covid 19 belum ada obatnya namun harapan kami masyarakat jangan panik ataupun ketakutan tetapi sebagai manusia kita harus selalu ikhtiar dengan mematuhi anjuran pemerintah sehingga kita bisa menghindari penyebaran virus Covid 19', ajak Kasrul.

Sementara itu Ketua MUI Provinsi Maluku Abdullah Latuapo mengatakan, surat edaran Menteri Agama terkait pelaksanaan ibadah pada bulan ramadhan dilaksanakan di rumah masing-masing dan pada pelaksanaan idul Fitri yaitu apabila satu daerah yang tengah dilanda virus Covid 19 maka pelaksanaan sholat idul Fitri dilaksanakan di rumah masing-masing namun apabila daerah yang dinilai tidak dilanda Virus maka boleh dilaksanakan sholat idul Fitri di tempat tempat ibadah akan tetapi harus sesuai dengan standar Covid 19.

Dalam kesempatan itu Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku Jamaludin Bugis juga berharap kepada masyarakat agar menjalankan Himbauan pemerintah saat pelaksanaan ibadah sholat, hal itu bertujuan untuk memutus penyebaran virus Covid 19 dan agar hasil rapat ini dapat disosialisasikan kepada jamaahnya masing-masing.

Dalam hasil Rakor tersebut Kepada para petugas keamanan TNI-Polri khusunya Kodam XVI/Pattimura dan Polda Maluku agar dapat melaksanakan tugas pengamanan sesuai tugas dan fungsinya di lapangan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Maluku, Wakapolda Maluku, Danrem 151/Binaya, Asops Kasdam XVI/Pattimura, Asintel Kasdam XVI/Pattimura, Kepala dinas kesehatan Provinsi Maluku, Kepala BNPB Provinsi Maluku, Dandim 1504/Pulau Ambon, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Leasa, Para Imam Masjid Se-Kota Ambon dan Tokoh Agama Se-Kota Ambon. (Pendam16)

Richard Louhenapessy Salurkan Bantuan ke Masyarakat Kota Ambon

Posted: 20 May 2020 09:11 PM PDT

Richard Louhenapessy Salurkan Bantuan ke Masyarakat Kota AmbonAMBON, LELEMUKU.COM - Walikota Ambon, Provinsi Maluku Richard Louhenapessy berjanji akan memperbaiki data masyarakat dalam hal penerimaan bantuan. Hal itu dikatakan Walikota saat menyalurkan bantuan ke Tokoh-Tokoh Agama, Para Guru PAUD dan Musisi, Rabu (20/5/2020).

Walikota mengakui adanya kelemahan data yang dimiliki Pemerintah, sehingga berujung pada penyaluran bantuan yang dianggap kurang tepat sasaran.

"Kelemahan data tidak hanya di Kota, tapi dari Pusat hingga ke daerah-daerah, banyak data yang berubah dan perlu disesuaikan," kata Walikota.

Karena itu, tambah Walikota, Pemerintah Kota akan berupaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki data, agar bantuan-bantuan yang disalurkan dapat benar-benar tepat sasaran.

Yang pasti, lanjutnya, dengan memegang komitmen untuk tidak mau melihat masyarakat menderita, Pemerintah akan terus berupaya menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

"Meksi banyak terdapat kelemahan, Pemerintah akan terus berupaya menyalurkan bantuan kepada masyarakat, lewat pendataan yang dilakukan maupun laporan-laporan dari masyarakat," terang Walikota.

Bantuan Bagi Tokoh Agama, Guru Paud dan Musisi

Saat menyerahkan bantuan, Walikota menjelaskan Para Tokoh Agama, Guru Paud dan Musisi merupakan bagian dari elemen masyarakat yang terdampak secara ekonomi dalam pandemi Covid-19.

"Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi pemasukan mereka, karena itu, wajib bagi Pemerintah untuk membantu," jelas Walikota.

Selain itu, bantuan yang diberikan juga sebagai wujud apresiasi dan terima kasih dari Pemerintah atas sumbangsih yang diberikan kepada Pemerintah dan masyarakat Kota Ambon.

"Para tokoh Agama yang berperan untuk memberikan pencerahan, dan memotivasi masyarakat dalam menaati himbauan pemerintah serta menjaga keamanan dan ketertiban, para Guru Paud dalam mendidik anak-anak kita, begitu pun dengan para musisi yang merupakan bagian dari Implementasi Ambon Kota Musik," imbuhnya.

Bantuan Sosial diberikan kepada 416 Tokoh Agama, 168 Guru Paud dan 323 Musisi. (DiskominfoAmbon)

Jelelep Salurkan Sembako Pemkot Ambon Tahap dua ke Warga

Posted: 20 May 2020 09:09 PM PDT

Jelelep Salurkan Sembako Pemkot Ambon Tahap dua ke WargaAMBON, LELEMUKU.COM – Bantuan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) pada Rabu (20/5/2020) Kembali disalurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Provinsi Maluku setelah sebelumnya April 2020 dilakukan pembagian sembako tahap pertama.

Bantuan sembako tahap dua ini diserahkan Pemkot Ambon pada dua kelurahan yaitu Kelurahan Batu Meja dan Kelurahan Kudamati.

Sekretaris Dinas Sosial Kota Ambon, R. Jelelep kepada tim Media Center di Balaikota Kota katakan, penyaluran bantuan sembako tahap dua ini merupakan lanjutan dari tahap satu.

"ini adalah kelanjutan dari penyaluran sembako tahap satu. Hari ini kita salurakan ke dua kelurahan tersisa yaitu Kelurahan Batu Meja dan Kelurahan Kudamati setelah sebelumnya tiga hari yang lalu juga telah disalurkan ke Keluarga Penerima Manfaat (PKM) di tiga kelurahan, dimana Kelurahan Uritetu, 74 KK, Kelurahan Karang Panjang, 45 KK dan Kelurahan Waihoka, 109 KK." Jelas Sekdis.

Sekdis menambahkan, ada 977 paket sembako yang disalurkan dimana untuk Kelurahan Batumeja sebanyak 574 paket sembako dan Kelurahan Kudamati menerima 403 paket sembako.

'Dengan demikian bantuan sembako tahap satu dan dua untuk bulan April telah selesai, selanjutnya Pemkot Ambon akan mempersiapkan bantuan tahap tiga yang penyalurannya dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri,"kata Sekdis

"Pemerintah berharap bantuan sembako ini dapat sedikit meringankan beban warga masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi akibat COVID-19,"tutup Sekdis.

Untuk diketahui, bantuan sembako yang disalurkan Pemkot Ambon merupakan bagian dari jaring pengaman sosial yang dirancang pemerintah untuk membantu masyarakat terdampak langsung secara ekonomi. (DiskominfoAmbon)

Gustu Penanganan COVID-19 Ambon Semprot Disinfektan di Terminal Transit dan Pasar Passo

Posted: 19 May 2020 11:26 PM PDT

Gustu Penanganan COVID-19 Ambon Semprot Disinfektan di Terminal Transit dan Pasar PassoAMBON, LELEMUKU.COM - Setelah melakukan penyemprotan disinfektan terhadap Angkutan Kota Trayek Passo, Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Provinsi Maluku juga melakukan Penyemprotan Disinfektan pada area pasar Passo dan terminal transit. Selasa(19/05/2020).

Dengan mengarahkan 1 unit mobil Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon (Damkar) dibantu 1 unit mobil tangki dari Palang Merah Indonesia kota Ambon (PMI), Gustu Kota Ambon melakukan penyemprotan pada area pasar dan terminal transit Passo setelah aktivitas jual beli mulai sepi

Kepala Dinas (Kadis) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Edwin Pattikawa saat dihubungi tim media center menjelaskan, penyemprotan yang dilakukan dipasar Passo bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di area pasar, sekaligus memberi rasa aman bagi masyarakat Passo.

"Kami berharap dengan dilakukannya penyemprotan ini dapat membuat masyarakat khususnya masyarakat Passo bisa lebih tenang dalam beraktivitas, namun demikian kami meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap Covid-19 dengan memperhatikan protokol kesehatan," jelas Kadis.

Kadis menambahkan, penyemprotan disinfektan merupakan agenda rutin Damkar Kota Ambon, kecuali jika hujan Damkar tidak melakukan penyemprotan, karena dinilai tidak begitu efektif.

Selain Terminal dan Pasar Passo, Damkar juga melakukan penyemprotan di sepanjang jalan dari transit Passo menuju jembatan merah putih dan juga pada ruas jalan protokol lainnya di Kota Ambon secara berkala. (DiskominfoAmbon)
Bagi ke WA Bagi ke G+